Beranda Artikel Sejarah Islam Masuk ke Indonesia

Name of image

Sejarah

Islam Masuk ke Indonesia

21 Jun 2019 - Penulis Krisbianto

Bagikan

Majelisdjaosyan.com - Dari sejarah Islam,kita juga dapat mengetahui bagaimana proses Islam masuk ke Indonesia. Proses awal masuknya Islam ke Indonesia masih sering menjadi perdebatan banyak pihak. Banyak teori yang berkembang, di antaranya:

  • Teori Gujarat. Dalam teori ini dipercayai bahwa awal kedatangan Islam ke Indonesia adalah pada abad ke-13 Masehi dengan dibawa oleh para pedagang muslim dari Gujarat, India.
  • Teori Makkah. Ditemukannya bukti perjalanan yang dilakukan oleh Muawiyah bin Abu Sufyan sebagai utusan dari khalifah Utsman bin Affan ke Kerajaan Kalingga (sekarang adalah daerah Jepara, Jawa Tengah) pada tahun 30 Hijriyah atau 651 Masehi. Hasil dari kunjungan ini adalah salah satu putra Raja Kalingga, yaitu Jay Sima memeluk Islam.
  • Teori Persia. Pada teori ini mengatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia dipercaya dibawa oleh para pedagang dari Persia yang sebelumnya singgah di Gujarat pada abad ke-13. Argumen yang digunakan adalah fakta mengenai banyaknya persamaan kata dan ungkapan Persia dalam hikayat Melayu, Aceh, dan Jawa.

Terlepas dari perdebatan mengenai waktu pasti masuknya Islam, agama ini berkembang pesat hampir di semua wilayah di Indonesia. Dimulai dengan bermunculannya kerajaan-kerajaan Islam Nusantara, pertama kali adalah Kerajaan Samudra Pasai di Aceh pada abad ke-13.

Setelah itu satu per satu kerajaan-kerajaan Islam muncul di pulau-pulau lain. Ajaran agama Islam diwariskan turun-temurun sampai menjadi agama mayoritas, menggeser kepercayaan animisme dan dinamisme serta ajaran agama Hindu dan Budha di Indonesia.

Dengan semua bukti yang ada, kenyataan sejarah Islam bahwa peninggalan Islam adalah cikal bakal kebudayaan modern tidak lagi bisa terbantahkan. Peradaban Islam telah merubah dunia ke arah yang lebih baik dengan mengembangkan ilmu pengetahuan untuk memudahkan kehidupan manusia.

Hal ini selaras dengan janji Allah SWT bahwa Islam adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin, rahmat bagi seluruh alam semesta.


profile
Krisbianto